WASIT PROFESIONAL HASILKAN PERTANDINGAN BERKUALITAS

TENGGARONG-Sebanyak 30 peserta dari 8 Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) se Kalimantan Timur mengikuti peningkatan tenaga keolahragaan pelatihan wasit/juri daerah.
Kegiatan yang dihelat Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga (PPO) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim itu akan berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 21 hingga 23 April 2022 mendatang.
Menurut Kepala Dispora Kaltim, Agus Tianur, melalui Kepala Bidang PPO, Masturi Akbar Tapipullah, cabang olahraga (cabor) panahan merupakan salah satu dari cabor mengandalkan akurasi dan teknik serta  kerap diunggulkan dan konsisten tampil membawa Merah Putih di ajang Olimpiade.
“Kita bersama harus mendukung program akselerasi prestasi olahraga yang dituangkan melalui Perpres Nomor 86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional atau kita kenal dengan singkatan DBON. Nah.. revolusi prestasi olahraga ini harus dilakukan secara menyeluruh salah satunya unsur penilai yakni wasit dan juri," bebernya.
Panahan sebagai salah sqtu cabor andalan di DBON, tentu diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet yang berkualitas dan mampu membawa nama Indonesia di kancah prestasi Internasional. Peran wasit sebagai pengadil berperan penting di sini, dengan berlaku adil dan profesional maka atlet akan bertanding dengan baik dan fokus tanpa harus khawatir merasa dirugikan," tambahnya.
Lebih lanjut, bagi Kalimantan Timur, panahan merupakan salah satu cabor andalan pendulang medali di event kejuaraan yang diikuti seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS).
"Di ajang POPNAS terkahir 2019 di Jakarta, Panahan memberikan medali emas terbanyak bagi  Kaltim. Dalam Popnas tersebut, Kaltim mampu mengantongi 28 medali, terdiri 7 emas, 3 perak serta 18 perunggu dan berada di posisi ke-9. Kita harap di Popnas mendatang akan lebih baik lagi," jelasnya.
Kepada para peserta, Kadispora meminta untuk dapat menyerap semua materinyang diberikan narasumber, dan kemudian dapat diimplementasikan di kejuaraan-kejuaraan yang dipimpinnya sehingga dengan kualitas pertandingan yang bagud dapat mengangkat prestasi panahan Kaltim lebih bagus pula. (rdi/ppiddisporakaltim)